Lompat ke isi utama

Berita

Antisipasi Politik Uang Pada Masa Tenang, Bawaslu Pasaman Barat Gelar Apel Siaga Patroli Pengawasan

Ketua Bawaslu Kabupaten Pasaman Barat, Wanhar saat menyampai amanat Apel Siaga Patroli Pengawasan Anti Politik Uang di Halaman Kantor Kesbangpol Pasaman Barat, Minggu.11/02/2024

Ketua Bawaslu Kabupaten Pasaman Barat, Wanhar saat menyampai amanat Apel Siaga Patroli Pengawasan Anti Politik Uang di Halaman Kantor Kesbangpol Pasaman Barat, Minggu.11/02/2024

pasamanbarat.bawaslu.go.id ||-Mengantisipasi kecurangan dan politik uang di masa tenang Pemilu 2024,  Bawaslu Kabupaten Pasaman Barat gelar Apel Siaga  dan Patroli Pengawasan Pemilu di Masa Tenang. Apel menghadapi masa tenang tersebut, dilaksanakan di halaman Kantor Kesbangpol Pemda Pasaman Barat, Minggu (11/2/2024).

Ketua Bawaslu Pasaman Barat Wanhar menyebutkan, patroli pengawasan tersebut bertujuan mencegah, mengawasi Pemilu di masa tenang menjelang Pemilu pada 14 Februari 2024 dimasing-masing TPS. Ia menyebut menghadapi masa tenang Pemilu selama tiga hari yakni 11, 12, 13 Februari 2024 agar tak ada lagi aktifitas kampanye, baliho, politik uang dan kecurangan lainnya.

“Masa kampanye sudah dimulai, terhitung hari ini. Maka pada masa tenang ini seluruh kegiatan kampanye sudah ditiadakan, begitu juga dengan APK yang terpasang, itu semua sudah harus dibersihkan.Kawan-kawan kecamatan yang menjadi ujung tombak, semoga ini menjadikan kekuatan bagi kita. Saya dan atas nama Bawaslu Kabupaten Pasaman Barat mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran, bahwa semua tahapan pemilu hampir semuanya sudah diawasi”. Ungkap Wanhar.

Di samping itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pasaman Barat Devi Irawan mengatakan, bahwa seluruh tahapan pemilu di Kabupaten Pasaman Barat berjalan dengan aman.  “Kita berharap tidak ingin Kabupaten Pasaman Barat mendapatkan peringkat tidak baik, peringkat yang jelek, maka jalinlah koordinasi yang baik, kita bertekad Kabupaten Pasaman Barat menjadi contoh yang baik dalam mengawal Pemilu 2024” Jelasnya.

Begitu juga hal yang disampaikan oleh Anggota KPU kabupaten Pasaman Barat Hafizul Fahmi. Ia mengatakan KPU akan melakukan pembersihan APK  “Nanti akan kita surati stakeholder terkait pembersihan Alat Peraga Kampanye yang masih terpasang sekarang. Kemudian, apapun bentuk kampanye pada masa tenang ini,, tidak boleh dilakukan” Cetus Fahmi.

Kegiatan Apel ini dihadiri Kapolres Pasbar diwakili Kabag Ops Kompol Muzhendra, Kaban Kesbang Devi Irawan, Kasat Pol PP Media Fitra, Komisioner KPU Hafizul Fahmi dan tokoh masyarakat,dan tentunya jajaran Bawaslu Pasaman Barat, Panwaslu Kecamatan, dan pers.

Apel tersebut dilanjutkan dengan Patroli long march dengan rute dari halaman kantor Kesbangpol, Bundaran Simpang Empat dan berakhir di kantor Bawaslu Kabupaten Pasaman Barat.  ***udhe